Senin, 08 Agustus 2011

Layout Ngglidik : tanpa judul headline

Harian  Star-Ledger memusatkan tulisan dengan tanpa judul.

Lihatlah dan apa yang anda pikirkan tentang halaman satu harian dibawah tulisan ini !
Dengan sedikit mengaruk kepala anda akan penasaran melihat foto utama yang diabadikan oleh  staff Star-Ledger, Jerry McCrea
Seorang wanita sedang mengepel trotoar
Anda penasaran ?




Tulisan itu bahkan  tidak ada judulnya sama sekali. Sebaliknya, pusat dari halaman satu ini dimulai dengan teks lead yang dibuat dengan besar.
Sekarang, lihat foto itu – berserta  lead yang  bertulisan besar- yang ditulis oleh wartawan Abram Brown dan James Queally – tidakkah memancing anda yang penasaran :

With a long-handled broom in one hand and a bucket in the other, Yvette Graves walked down South Orange Avenue yesterday afternoon to scrub her 13-year-old son’s blood from a cracked sidewalk.
As she poured water from the bucket onto the stained concrete, her friend added bleach to the solution, making it bubble and foam. Graves scrubbed methodically with the broom until there was nothing left.
“My poor, poor baby,” she said. “I wish they’d beaten him up instead. They didn’t have to kill him.”

Hal itulah yang kuat di halaman depan dari Star Ledger.


Yang menceritakan tentang pembunuhan, korbannya adalah anaknya sendiri yang berusia 13 tahun. Tewas ditembak. Sang ibu pun menyelesaikan kesedihannya dengan mengepel trotoar. Pekerjaan yang menarik perhatian. Dan dalam bingkai foto sangat membuat penasaran dan cukup membuat mata kita melototi foto tersebut.

Asisten Managing Editor Mark Miller mengatakan : Dia adalah desainer halaman depan regular kami, Joe Lee.
Editor Kevin Whitmer menantang dia untuk membuat  dengan sesuatu yang tidak konvensional yang membuat sebagian dari tiga grafs terbaik di kertas.
Ide Joe sederhana: Membuat pembaca melihat ketiga grafs lebih dulu. Ini seperti terlihat aneh, salah satu desainer kami yang lain menunjukkan anda benar-benar harus membacanya. Membacanya !
Jadi misi tercapai !! Done !
Dan yang pasti ini tidak akan memenangkan kontes judul sekalipun .. he he he
“ Mungkin saja begitu, tapi aku akan mengatakan pembaca tidak melewatkan judul sama sekali. Ini bekerja dengan baik. Sesuai misi dari desain. Aku setuju, tapi bagaimanapun juga, anda tidak bisa menggunakan hal ini setiap hari. “ 


Banyak orang kretif yang dalam bahasa Jawa istilahnya " Nglidik " atau semacam nakal gitulah, menghasilkan karya-karya yang kadang perlu kecerdasan untuk memahaminya ..

Ji Ong Boy !! 2011  ditranslate dan disarikan dari beberapa tulisan Mr. Charles Apple .. thnks !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar