Selasa, 16 Agustus 2011

Bagaimana Surat Kabar Amerika Merayakan Kemerdekaan Amerika ?

Dalam surat kabar momen-momen penting sangat mempengaruhi tampilan halaman depan, kebanyakan menampilkan foto-foto yang eksklusif, seperti foto selebrasi , foto prosesi atau foto seremonial detik-detik kemerdekaan.  Namun bagi beberapa surat kabar yang kreatif  kadang  tampilan halaman depan dibuat  lain dari kebanyakan. Dibawah in ada 13 surat kabar terbitan Amerika edisi ulang tahun kemerdekaan Amerika yang menampilkan halaman depan dengan pendekatan berbeda. Gaya poster dengan foto yang cukup besar merupakan  tampilan jamak dari sebuah moment. Infographic juga jadi salah satu alternatif yang cukup bagus untuk halaman depan, disamping pendekatan-pendekatan yang lain yang kreatif.
Dari beberapa komentar dari para editornya , memang membutuhkan perencanaan yang cukup detail, bahkan sampai riset juga, hanya untuk sebuah desain halaman depan. Jadi merayakan ulang tahun kemerdekaan bagi surat kabar tidak mutlak harus foto yang bagus. Gaya-gaya ilustrasi, yang mana memperlakukan halaman depan sebagai sebuah kanvaspun kadang perlu dilakukan, atau mungkin keterbatasan waktu untuk mendapatakn foto-foto bagus ? he he.....


terima kasih pada Mr Charles Apple dan American Copy Editors Society atas bahan-bahannya..



Foto kembang api selalu merupakan cara yang pupoler untuk memperingati hari kemerdekaan Amerika.
Dan pasti, akan lebih banyak lagi membutuhkan halaman untuk menampilkan foto-foto kembang api lainnya.
Tapi bagi Tyson Trish, salah satu staf Herald News, memilih foto terbaik untuk halaman depan dengan headline yang sempurna : " Rocket' red glare "mungkin merupakan karya kebanyakan. Namun cantik.



Bagi Los Angles Daily News yang mebuat tampilan luar biasa. Bentuk poster dengan foto kembang api di halaman depan.
Tapi sedikit alasan saya , foto ini tidak ada kredit titel dari salah seorang staff fotografernya, tapi untuk Getty Images. Dan juga , apakah foto ini di ambil di lokasi ? Apakah foto ini diambil tahun ini juga ? Tidak ada informasi sama sekali. Cukup mencurigakan.
Jika ini foto seni bahkan diambil dari belakang oleh Getty, mungkin bisa dijelaskan pada pembaca.
Mungkin hanya sebagai illustrasi saja, karena deadline ketat.



Sebaliknya coba perikasa foto halaman depan Post Crescent ini. Bahwa foto ini diambil di Appleton Minggu malam oleh staff Post Crescent, Ron page. Jadi, pekerjaan yang bagus oleh staff foto Post Crescent dalam mengambil foto di batas waktu (deadline) dengan demikian indah.
Lain waktu, bagaimanapun juga, mereka mencoba mencantumkan caption dan kredit titel didalam satu halaman.


Pendekatan lain yang umum di tampilkan pada hari kemerdekaan Amerika adalah dengan grafis penjelasan bagaimana kembang api itu bekerja, bagaimana kembang api itu bisa membuat bentuk dan warna seperti yang biasa dilihat setiap hari ualng tahun Amerika. Bulletin, menampilkan grafis tentang kembang api di halaman satu, tapi yang satu ini tidak semata  pendekatan standar. Yang satu ini difokuskan pada bagaimana komputer mengendalikan jumlah dan tinggi dari masing-masing shell meledak.
Grafis dibuat oleh Andy Zeigert, dan foto di ambil oleh Ryan Brennecke.



Dan, ada pendekatan lain dilakukan oleh Tulsa World, yaitu dengan menyajikan sebuah kuis tentang sejarah Amreika. Merupakan pekerjaan yang sangat bagus, berkat kerja photoillustration Ethan Ericson



Harian The Spokesman Review membuat ilustrasi Paman Sam dengan tulisan yang berisi apa yang  dilakukan masyarakat lokal dalam merayakan hari kemerdekaan Amerika



Harian The State di Columbia, mengambil pendekatan dalam tampilan halaman satu dengan cukup menarik. Baru-baru ini seorang warga menemukan sebuah salinan surat kabar Columbia dari 100 tahun yang lalu, di loteng rumahnya.



The Patriot Ledger menampilkan seluruh teks Declaration Of  Indepence di halaman depan. Cukup menarik mata dengan background old paper. dan TANPA BERITA apapun. :-)



Think you know all the words ? You may be in for surprise .
Headline halaman depan harian Omaha World Herald menarik untuk membaca teks yang di bawahnya. Itu adalah 4 versi lagu kebangsaan Amerika, yang selama ini cuma di ketahui 1 versi saja.



Hari kemerdekaan adalah salah satu moment untuk mebuat tapilan bagus halaman depan, jika tidak mempunyai foto untuk mewujudkan itu, lihatlah  The News Press
Sangat sederhana, Sangat bersih, Sangat menarik



Infographic yang cukup menawan dan disertai data yang cukup juga bisa membuat tampilan halaman depan edisi kemerdekaan Amerika ini sukses dalam disain. The Tampa Tribune cukup cerdas ealau tanpa foto
namun olah infographic nya sangat berbicara.



Ubah tampilan baner bagi The kansas City Star dalam edisi kemerdekaan juga bagus. Seperti Google yang terus berubah pada even-event tertentu.



New York Times, juga menggunakan foto seni untuk tampilan halaman satu.
Fotografer Damons Winter mengabil foto bendera robek di atas sisa-sisa rumah korban angin Tornado.
Bagus dengan menempatkan 4 kolom.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar