Senin, 12 September 2011

White Space dalam Desain Layout Surat Kabar

Dalam bentuk yang paling dasar, white space adalah wilayah tak berpenghuni antara dua elemen. Dan meskipun sebutannya white space, tidak selalu harus putih. White Space dapat menjadi alat yang sangat efektif bila kita ingin membagi elemen dari satu sama lain. Hal ini juga dapat berguna ketika kita mencoba untuk menarik perhatian pada item tertentu.
Ketika memakai white space, Grid kolom merupakan bantuan dan juga kutukan terhadap kratifitas. Menempel atau mengikuti pola grid memberikan kita jarak seragam dengan keseimbangan dan konsistensi. Tapi semua itu sering menjadikan keterbatasan kita dalam mengeksplorasi kreatifitas kita terhadap white space.

Dalam sebuah diskusi atas di forum Visual Editor, Colin Smith menjelaskan bahwa Salt Lake Tribune bereksperimen dengan menggunakan 19 grid-kolom tanpa gutter. Smith menjelaskan,

Kolom tipe diatur antara tiga dan empat grid lebar. Hal yang menarik adalah bahwa, untuk surat kabar yang secara tradisional tidak suka ruang putih, ada belum banyak timbalbaliknya. Rahasianya adalah bahwa, white space sebagai ruang antara, dapat meningkatan unsur-unsur jumlah elemen halaman .





Teknik ini menawarkan cara yang bagus tergantung pada semua manfaat dari grid kolom standar sementara memungkinkan kita kebebasan kreatif untuk mengeksplorasi white space.

Berikut adalah beberapa desain halaman depan yang telah menggunakan teknik yang berbeda ruang putih :.

Vertical and Horizontal white space

Sun Sentinel
Dibilang salah satu master ruang putih, Sun Sentinel bebas menggunakan teknik untuk mengisolasi berita utama.



The Times – Picayune
White Sppace secara efektif digunakan di sini menarik pembaca fokus untuk foto memimpin dan mencegah crowding.



Framing white space

Pioneer Press
Pada halaman ini ruang putih digunakan untuk frame bagian pusat di semua sisi. Aditionally, penggunaan kolom tunggal lebar teks dengan peningkatan terkemuka menciptakan ruang bahkan lebih putih.


Billings Gazette
Bahkan dengan karya seni yang membentang lebar halaman penuh, ruang putih dapat digunakan untuk lebih menonjolkan artikel.



Typographic white space


Southeast Missourian 
Meskipun kebanyakan desainer akan setuju bahwa teknik ini harus digunakan dengan hemat, menyesuaikan terkemuka menciptakan ruang putih antara baris teks.



Negative white space

The Virginia Pilot
Sebaliknya pada halaman ini adalah contoh yang baik tentang bagaimana Anda dapat menggunakan warna atau warna untuk menghasilkan efek. Ada ruang putih tidak hanya pada bagian luar kotak hitam, tetapi juga di dalam.(Tercatat merah)

Seperti halnya teknik desain, tidak ada rumus ajaib atau pola untuk diikuti ketika datang untuk menerapkan ruang putih. Dan tanpa kenyamanan kolom grid yang seragam untuk jatuh kembali, ruang putih akan menantang rasa keseimbangan dan mata kreatif.

Disarikan dan diterjemahkan Ji Ong Boy !! 
dari Using White Space To Devide And Conquer oleh Matthew French. 
Thanks alot.

1 komentar: